Saturday, March 10, 2012

Honda Mengeluarkan Motor Sport Terbaru di 2012

Seperti dikabarkan dapur pacu bahwa AHM tahun 2012 nanti akan mengeluarkan 3 macam motor sport baru, maka saya mencoba mengira-ira ketiganya.
1. Naked bike 150cc
Yamaha V-ixion sampai hari ini belum ada tandingannya. New Megapro yang diluncurkan tahun lalu hanya mampu membungkam penjualan Byson, sedangkan penjualan V-ixion si giant killer masih ngacir.
Maka disinilah Honda akan mengeluarkan senjata andalannya. Dengan nakedbike 150cc yang spesifikasinya saya yakin gak jauh beda dengan V-ixion, 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan, Deltabox, mungkin dengan tenaga dan torsi yang berbeda.

Untuk nama motor sport ini saya yakin sih bakal make nama si legenda, Tiger. Karena dengan kualitas yang gak jauh beda dengan Vixion, nama besar HOnda belum akan membuat para calon pembeli Vixion berpindah ke motor ini kan masih motor baru, jika diberi nama baru mah saya yakin penjualan gak akan seberapa. Contoh aja kasus NMP, coba kalo NMP tidak mengambil nama besar Mega Pro, saya kok yakin penjualannya bakal dibawah Byson. namun jika dipadukan dengan nama besar Tiger, maka naked bike 150cc ini sangat diyakini bakal laris manis….
Dan jika memang akan memakai nama Tiger, maka karakter Tiger yang bertorsi badak pun harusnya ada di nakedbike 150 cc ini. Dan ini berarti sedikit banyak akan mengurangi tenaga maksimalnya….

Nah, untuk motor ini tentunya akan memakai basis mesin CS1 yang dibore-up, yah daripada harus bikin mesin baru…… Bagaimana dengan harga? hmmm….ada keyakinan demi memenangkan pertarungan dengan V-ixion, motor ni akan dihargai di kisaran harga V-ixion 21-23jutaan….
2. Naked bike 225cc
Nah, untuk menggantikan posisi Tiger Revo sekarang, HOnda juga perlu menyiapkan nakedbike yang tenaga, torsi dan kubikasinya sama atau lebih besar dari Tiger yang ada sekarang.
Untuk itu, diperlukan produk baru yang dapat menggantikannya. Seperti yang saya tulis sebeleumnya, bahwa Honda telah menyiapkan motor sport baru berkubikasi 200 atau 225 cc. Namun, dapat diyakini bahwa segala isu yang beredar menunjukkan bahwa kubikasi motor ini bakalan 225, lebih besar dari Tiger yang ada sekarang.
Dan kenapa 225? tentu banyak alasannya, diantaranya ya karena saingannya selama ini adalah Yamaha Scorpio 225, jadi wajarlah kalo mau dibikin head to head war, layaknya Revo baru yang diadu dengan Jupiter Z… sekaligus buat ngantisipasi kalo-kalo Scorpio dinaikkin kapasitasnya jadi 250, jadi kan gak jauh-jauh amat bedanya.
mahal banget ini mah...
Selain itu kubikasi 225cc juga diperuntukkan agar harga motor ini bisa lebih mahal dari Tiger sekarang, yah motor ini bakalan berada di atas 25juta, ya di kisaran 28-30 jutaan lah, diatas harag nakedbike 150cc, tapi dibawah CBR 150R.
Spesifikasi, 225cc, SOHC, Fuel Injection, Berpendingin Cairan, Sasi teralis. Yup, isu yang berkembang Honda akan mengeluarkan motor sport baru dengan sasis teralis, so saya langsung mikir bahwa motor ini yang bakal memakai teralis, bukan motor sport 150cc-nya. Kenapa? ya liat saja motor-motor Honda yang bersasis teralis yang ada, minimal kubikasinya adalah 250cc. So meskipun ni motor cuma 225cc, tapi secara tampilan gak jauh beda dengan yang 250cc macam VTR250. Kalo sasis teralis mo dipake di motor 150cc kok rasanya bodi motornya kurang besar. Motor 150cc Honda palingan ya sebesar V-ixion aja, kalo lebih gedhe lagi bakalan kehilangan tenaga bro!
Trus basis mesin ni mongtor tentunya bakal ngambil punya-nya NMP, tinggal di bore-up lah!

3. Sportbike berfairing 150cc
Kalo motor yang ketiga ini direncanakan untuk mendahului Yamaha yang mo ngeluarin R15,so spesifikasinya pun bakal mirip-mirip lah!
Lho bukannya buat ngedepin R15 sudah ada CBR 150R?
Nah, disinilah pinternya AHM. AHM jauh lebih baik dari Yamaha, AHM tidak mau memakai motor yang masih diimpor sebagai andalan untuk di head to headkan dengan produk kompetitor. AHM merasa perlu untuk bikin motor sendiri.
Kenapa? selain harga bisa ditekan, jumlah kuan titas produksi dan penjualannya pun bisa disesuaikan dengan keinginan, tipe motor ini mau dipake untuk menguasai pasar atau sekedar memberikan pilihan bagi konsumen…

Jadi, CBR 150R hanyalah memberikan pilihan pada konsumen sekaligus melanggengkan trah CBR 150 yang pernah sukses lewat IU, dan untuk mengantisipasi kompetitor ya dengan motorsport 150cc berfairing dengan harga yang lebih murah, yah dikisaran 25-28jutaan pasti laku juga.
Soal mesin ya bisa make sama dengan versi nakednya seperti yang nomer 1 diatas. Seperti V-ixion dengan R15 yang mesinnya ya sama aja….
Nah, itu saja! Wong namanya juga ngira-ira, jangan terlalu berharap lah dengan kebenarannya.

No comments:

Post a Comment